Custom Search
Selasa, 19 Juli 2011

Mobil Bimasakti Berlaga di Jepang Takhlukkan Sirkuit Ogasayama Sports Park

Mobil Bimasakti Siap Takhlukkan Sirkuit Ogasayama Sports Park



Muhammad Audi Yusuf merasakan kegembiraannya setelah mencoba mobil formula Bimasakti yang rencananya akan dilombakan dalam event The 9th Student Formula SAE of Japan 2011 di ECOPA (Ogasayama Sports Park) Jepang pada 5-9 September 2011. Pada Selasa (19/07) ini sekaligus dilakukan launching mobil Bimasakti oleh Rektor UGM Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri UGM.

Saat melakukan uji coba, Muhammad Audi Yusuf sangat puas dengan performa kendaraan itu. Rencananya, pihaknya akan melakukan pengembangan pada sistem steering. Saat ini sistem steering yang digunakan hanya seperti pada mobil pada umumnya. Sehingga radius yang dirasakan cukup besar.

Menurut Akmal Irfan Majid yang bertugas sebagai Koordinator teknis mengatakan bahwa mobil ini dibuat oleh buah karya tangan-tangan kreatif Tim Bimasakti UGM. "Konsep, desain, sama manufakturing semua Tim kami yang mengerjakannya." Ungkap Akmal disela-sela peluncuran Mobil Bimasakti itu.

Sementara itu Kepala Disdikpora DIY Baskoro Aji mengungkapkan rasa bangga yang sangat dalam pada generasi penerus bangsa ini. Tim ini telah membawa nama Yogyakarta dikancah pendidikan internasional. Rektor UGM Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D., pun berharap bahwa Tim Bimasakti dapat mengharumkan nama UGM dan Indonesia di kancah internasional.

Mobil Bimasakti Bakal Berlaga di Jepang



Mobil Formula Bimasakti UGM dilepas secara resmi untuk mengikuti kompetisi 9th Student Formula SAE of Japan 2011. event itu sendiri rencana akan dilaksanakan pada 5-9 September 2011 di Ogasayama Sports Park Jepang.

Rencananya, Bimasakti akan bertarung dengan 86 tim lain dari berbagai belahan dunia seperi China, India, Jepang, Korea Selatan, Pakistan, dan Thailand. Mobil tersebut merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia yang bakal berkompetisi secara internasional tersebut.

Akmal Irfan Majid selaku Koordinator teknis tim Bimasakti mengatakan bahwa mobil ini merupakan mobil formula standar mobil kelas mahasiswa dengan kualifikasi dibawah mobil formula 1. Pembuatannya sendiri dilakukan sejak Januari lalu.

Mobil ini memiliki tenaga yang cukup besar yaitu 250 cc menggunakan mesin Suzuki Thunder. Untuk menghasilkan tenaga yang sempurna, Akmal menjelaskan bahwa mesin tersebut dimodifikasi dengan displacement 322 cc. Diharapkan kecepatan mampu menempuh kecepatan 140-160 km/jam.

Koordinator dosen pembimbing tim Bimasakti, Dr. Fauz Fauzun S.T., M.T., menjelaskan teknis yang dilombakan dalam event internasional itu. "Yang akan dinilai antara lain pada dua kategori yaitu static event yang mencakup analisis biaya, desain teknik, presentasi tim, serta dynamic event meliputi akselerasi kendaraan, efisiensi bahan bakar, daya tahan, autocross, skid-pad." Pungkasnya. 
Sumber : http://gudeg.net/id/news/2011/07/6528/Mobil-Bimasakti-Siap-Takhlukkan-Sirkuit-Ogasayama-Sports-Park.html

0 komentar: