Custom Search
Kamis, 21 Juli 2011

Tips Pilih Antivirusmu

ANTIVIRUSMU
  1. Harus jeli melihat antivirus. Apakah berkesinambungan dala hal update databasenya atau tidak. Bisa dilihat pada website-website resmi antivirus bersangkutan.
  2. Perhatikan apakah antivirus yang akan dipilih mempunyai engine RTP (Real Time Protector) atau tidak. Kegunaan engine RTP untuk memprotect komputer anda dari serangan Virus, Malware atau Spyware secara mendadak.
  3. Pilih antivirus yang tidak terlalu besar size-nya agar komputer tidak lelet.
  4. Pakailah antivirus yang mempunyai update online, agar tidak perlu repot-repot mencari file updatenya.
  5. Pilihlah antivirus yang user friendly dengan maksud agar dapat memakainya secara maksimal untuk menghadang virus.
  6. Mudah penggunaannya. Software antivirus yang baik harus mudah digunakan, tanpa memandang kemahiran dan pengetahuan kita.
  7. Efektif ketika mengindentifikasi virus dan semacamnya. Produk antivirus terbaik dapat mengenali data-data yang terinfeksi dengan cepat melalui pemindaian secara real-time, mencari dan menemukan virus pada banyak tenpat, termasuk email, aplikasi pesan instant, web-browsing dan sebagainya.
  8. Efektif ketika membersihkan dan mengisolasi file-file yang terinfeksi. Software antivirus yang terpercaya mampu membersihkan dengan sempurna, menghapus atau mengkarantina file-file yang terinfeksi - menghentikan penyebaran virus dalam harddisk atau melalui jaringan.
  9. Laporan Aktivitas. Antivirus yang baik segera memberikan notifikasi dari virus-virus yang ditemukan melalui scanning real time dan menyediakan hasil scanning yang mudah dibaca beserta data virus dan kerusakan yang ditimbulkannya.
  10. Adanya fitur-fitur tambahan (plugin) menjadikan sebuah antivirus semakin ampuh dalam memberikan perlindungan. Antivirus yang tangguh selalu menawarkan bermacam tool, mulai dari pemindaian real-time biasa hingga yang lebih canggih, pemindaian heuristik dan pemblokiran script, antivirus semakin baik jika pilihan opsi fungsi toolnya lebih baik.
  11. Instalasi dan setup yang mudah. Antivirus semestinya mudah diinstall dan digunakan hanya dengan beberapa klik mouse saja.
  12. Antivirus termutakhir biasanya banyak help-nya. Mencakup dukungan via email, chat online atau melalui telepon. Juga harusnya ada dokumen-dokumen online, seperti pengetahuan dasar dan FAQ atau daftar pertanyaan-pertanyaan umum seputar software tersebut. (*)

0 komentar: